Verval PTK Pengajuan NUPTK Versi Terbaru

Cara Verval PTK versi terbaru

Cara Verval PTK Untuk Pengajuan NUPTK PAUD SD 2020 – Dalam ulasan kali ini kan dibahas mengenai panduan cara verval PTK / GTL paling baru dan benar. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Indonesia wajib memiliki NUPTK (Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUOTK ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu digunakan untuk pendataan yang sudah diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NUPTK sendiri tidak hanya diwajibkan bagi PTK negeri saja, namun juga PTK swasta yang mengajar di sekolah mulai tingkat TK sampai tingkat SLTA di seluruh wilayah Indonesia.

Keberadaan NUPTK ini masih dipakai oleh Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selain adanya data Dapodik. Maka dari itu, Pemerintah masih tetap akan menerbitkan NUPTK dan memverifikasi pemegang NUPTK setiap semester.

Apa itu VerValPTK?

VerValPTK merupakan singkatan dari Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. VerValPTK sendiri adalah sistem layanan layanan lanjutan dari fungsi dapodik yang dilakukan secara online oleh Operator Dapodik baik tingkat sekolah maupun tingkat Kabupaten/Kota. Layanan ini menyediakan bagi PTK yang mengalami masalah dengan nomor NUPTK nya maupun data yang tertera didalamnya untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan data sebenarnya.

Tentunya agar NUPTK yang dimiliki pegawai tetap aktif dan tidak kadaluarsa, pihak operator khusus dari sekolah harus melakukan VerValPTK dengan memiliki data NUPTK sesuai dengan data pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Namun, kini pihak operator sekolah tidak hanya melakukan verifikasi Dapodik namun juga diberi tugas tambahan untuk VerValPTK dengan NUPT pada Guru atau tenaga pendidik yang sudah diinput ke dalam sistem aplikasi Dapodik.

Sebagai operator Dapodik sekolah, maka diwajibkan untuk melakukan pendaftaran atau registrasi di laman SDM PDSP. Apabila anda sudah bisa Log In pada Verval PD maka tidak perlu daftar lagi, sebab aplikasi ini sudah menggunakan sistem SSO (Single Sign On).

Dengan menggunakan teknologi SSO, anda bisa mengaksesnya dengan satu akun saja. Namun bagi anda yang masih asing mengenai verval PTK tentu akan mengalami kebingungan. Tetapi kini anda tidak perlu cemas karena pada kali ini kami akan memberikan informasi tentang verval PTK terbaru untuk anda yang membutuhkan.

Dari segi penugasan, VerValPTK dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. VerValPTK Operator Dapodik Tingkat Sekolah, yaitu VerVal yang dilakukan di sekolah oleh Operator Sekolah. Tugasnya adalah melakukan pengajuan perbaikan data invidu pada NUPTK yang salah dan memberikan pas foto pada masing-masing PTK di sekolahnya.
  2. VerValPTK Operator Dapodik Tingkat Kabupaten/Kota, yaitu VerVal yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota oleh Operator Dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Tugasnya adalah memperbaiki nomor NUPTK yang invalid, memilah sekolah induk pada NUPTK yang ganda, dan mengajukan NUPTK baru bagi yang memenuhi persyaratan di lingkungan Kabupaten/Kotanya.

Baiklah kali ini akan diulas secara lengkap bagaimana proses VerValPTK oleh Operator Dapodik Tingkat Sekolah.

Cara Verval PTK / GTK Terbaru 2020

Bila sudah berhasil login/masuk kedalam laman utama Verval PTL. akan tampil deretan menu yang memiliki fungsi antara lain; Menu Data PTK, Pengelolaan, NUPTK, Pencarian dan Log out.

Tentunya kita harus tahu terlebih dahulu masing-masing fungsi dari deretan tersebut. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa menu yang terdapat di laman utama verval PTK.

  • Menu Data PTK, adalah menu yang akan menampilkan data PTK yang tersimpan dan masih belum di rubah.
  • Menu Pengelolaan, adalah menu yang bisa anda gunakan untuk melakukan perbaikan data PTK atau verval PTK.
  • Menu NUPTK, adalah menu yang akan menampilkan beberapa yaitu calon penerima NUPTK, status penerima NUPTK, pengajuan penutupan NUPTK, dan sebagainya.
  • Menu Pencarian, adalah menu yang dapat membantu anda untuk melakukan pencarian data yang diinginkan.
  • Menu Log Out, adalah menu yang biasa digunakan untuk bisa kelua dari aplikasi verval PTK.

Ketika proses verval PTK akan membutuhkan beberapa data dan berkas yang perlu dipersiapkan untuk kelengkapan verivikasi. Beberapa data yang akan diperlukan adalah

  • Nama Lengkap
  • NUPTK
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Tanggal Lahir
  • Tempat Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Nama Ibu Kandung
  • Agama
  • Jenis PTK
  • Status validasi data PTK.

Setelah keseluruhan data tersebut sudah siap, langkah selanjutnya bisa dimulai dengan beberapa tahapan yang perlu untuk diperhatikan.

  1. Koneksi Internet

Pertama, yang harus anda siapkan adalah koneksi internet yang stabil supaya proses verval PTK yang akan anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Kelancaran koneksi internet ini sangatlah penting karena dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam proses verval PTK. Jadi pastikan koneksi Internet anda tidak mengalami gangguan atau masalah

  1. Buka Website Resmi VerValPTK

Buka halaman web http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id, lalu tunggu sampai bisa masuk ke laman dari verval tersebut benar-benar terbuka sempurna. dalam artian terbuka sempurna adalah tidak dalam proses loading lagi. Terkadang proses agak terhambat karena load server yang penuh.

  1. Log In

Laman tersebut merupakan rahasia dengan memasukkan username dan kata kunci, jadi untuk bisa mengaksesnya maka anda harus log ini terlebih dahulu dengan cara memasukkan username dan password yang benar. Kemudian tekan tombol Log In di bagian bawah.

  1. Menunggu Loading Tampilan Verval PTK

Tunggu selama beberapa saat hingga tampilan laman verval PTK sudah benar-benar bisa diakses.

Langkah-langkah di atas baru cara Log In di laman verval PTK. Apabila anda sudah berhasil dalam melakukan Log In tanpa ada kendala langsung saja lakukan proses verval PTK seperti panduan langkah dibawah ini.

Langkah Selanjutnya :

  1. Pilih Menu Tulisannya : Pengelolaan

Apabila anda sudah masuk laman, maka di bagian atas akan muncul beberapa menu. Silahkan pilih saja menu pengelolaan karean di sini anda ingin melakukan verval PTK.

  1. Menu Drop Down> Pilih Dan Klik Perbaikan Data Master

Selanjutnya, klik menu pilihan hingga muncul menu drop down. Ketika di klik maka akan muncul beberapa menu pilihan lagi, langsung saja klik Perbaikan Data Master.

  1. Isi Kolam Yang Tertera, Seperti Di Bawah Ini :

Kemudian akan tampil beberapa kolom yang harus anda isi sesuai dengan data yang telah anda siapkan sebelumnya seperti Nama Lengkap, NUPTK, NIK (Nomor Induk Kependudukan), Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung, dan status validasi data PTK. Isi semua data tersebut dengan benar dan cermat karena akan mempengaruhi selanjutnya. Lampirkan juga dokumen sebagai pendukung perubahan apabila diminta.

  1. Upload Dokumen

Setelah semua kolom data yang dibutuhkan sudah diisi sesuai dengan data pribadi anda, langkah berikutnya adalah memasang foto PTK. Lalu klik Upload Dokomen sampai muncul tampilan untuk konfirmasi. Setelah itu akan muncul “Anda yakin akan mengubah data?”, klik saja ok.

  1. Menunggu Persetujuan

Tunggulah sampai proses upload seleseai hingga foto PTK berhasil untuk ditampilkan. Untuk proses verval ini anda harus menunggu persetujuan.

  1. Cek Kembali

Untuk pengecekan verval PTK, silahkan klik menu pengelolaan dan pilih Status Perbaikan Data Master pada menu drop down.

  1. Tunggu Proses Status Berhasil

Setelah pengecekan verval PTK sudah selesai dilakukan. Lalu tunggu hingga proses verval tersebut statusnya berhasil.

Demikianlah langkah-langkah untuk Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Operator Dapodik Tingkat Sekolah.

Sekedar informasi tambahan, bagi yang ingin mengajukan NUPTK baru berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan :

  1. SK PNS/TKK/Honor Daerah (SK Walikota/Bupati) bagi yang bertugas di sekolah negeri, sementara bagi yang di sekolah swasta siapkan SK GTY minimal masa kerja 2 tahun.
  2. Legalisir Ijazah SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/K/Sederajat, S1/Akta IV, dan Ijazah terakhir (jika masih ada).
  3. Legalisir SK Tugas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun pelajaran terbaru atau terkahir (saat ini).
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  5. Pas Foto

Selanjutnya serahkan berkas-berkas tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Setelah itu pantau di layanan VerValPTK Operator Sekolah.