Menghitung Berat Badan Ideal – Berat badan setiap orang pasti berbeda-beda, namun semua orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. untuk mendapatkan berat badan ideal setiap orang memiliki cara tersendiri seperti berolah raga atau pun diet. namun orang kadang tidak tahu apakah berat badannya sudah ideal atau belum.

Terkadang, ada orang yang mengiginkan mempunyai berat badan di bawah normal. Tentu, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Mempunyai berat badan yang sangat kurus atau sangat gemuk, keduanya tidak disarankan.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Berat Badan Ideal

Dengan memiliki berat badan yang ideal, bagi pria maupun wanita, selain dapat mendongkrak penampilan dan memiliki tubuh yang fit juga lebih aman dan terhindar serta mencegah dari penyakit berbahaya. Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu.

Seperti biasa setiap orang hanya melihat ideal atau tidak tubuh mereka dari acuan pada berat hasil timbangan saja, namun berat badan ideal tidak hanya dari hasil timbangan saja. Dari acuan badan kesehatan dunia terdapat standar tersendiri untuk menentukan berat badan ideal. terdapat dua rumus yang bisa digunakan untuk menentukan berat badan ideal. biasanya yang digunakan adalah rumus BMI (body mess index) dan Brocha. kedua rumus tersebut sering sekali digunakan untuk menentukan apakah berat badan anda ideal atau tidak.

selain menjadi acuan menentukan berat badan anda ideal atau tidak, anda juga bisa mengetahui sudahkah anda sehat atau belum. berikut hasil penelitian mengatakan bila BMI atau indeks massa tubuh Anda terletak pada 25 atau lebih akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, beberapa tipe kanker dan diabetes level 2. Sebaliknya rendah BMI/ di bawah 18 akan beresiko tinggi terhadap osteoporosis atau pertanda kesehatan badan tidak baik. Disarankan apabila BMI Anda melebihi 27 atau kurang dari 18 sebaiknya anda meminta saran dari dokter Anda untuk memandu dalam program pengaturan berat badan ideal untuk hidup lebih sehat.

cara menghitung dengan rumus diatas sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri dirumah. berikut kami akan berikan tips untuk mengunakan rumus tersebut

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus BMI

mengunakan rumus BMI (Body Mess Index) atau yang biasa disebut dengan IMT (Indek Massa Tubuh) biasanya dijadiakan acuan untuk dapat mengetahui berat badan ideal setiap orang. marilah kita mulai cara menghitung berat badan ideal dengan rumus berikut :

 

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh: Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

atau jika anda susah untuk menghitungnya, anda bisa mengunakan alternatif menghitung berat badan dengan mengunakan Kalkulator BMI. Anda dapat mengakses Kalkulator BMI tersebut secara online

apabila anda sudah dapat menghitungnya saatnya anda menentukan apakah anda berada di berat badan ideal atau belum. Berikut kami berikan kriteria hasil menurut IMT/BMI versi World Health Organisation (WHO) :

Kriteria IMT/BMI versi WHO

BMI < 18.5 = underweight atau berat badan kurang, disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex karbohidrat.

BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus.

BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.

BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.

BMI >= 30 = sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.

Patokan Standar BMI Untuk Wanita

Nilai BMI serta kategorinya:

  • BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
  • BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal
  • BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu minggu minimum 2 kali
  • BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin program turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.

Patokan Standar BMI Untuk Pria

Nilai BMI serta kategorinya:

  • BMI 17 = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori
  • BMI 17 – 23 = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal
  • BMI 23 – 27 =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada
  • BMI 27 =Obesitas – Warning, baiknya mengawali program menurunan berat tubuh supaya lebih ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

Selain BMI rumus Brocha juga sering digunakan dalam menentukan berat badan ideal seseorang. Dalam rumus Brocha menghitung berat badan ideal wanita dan pria dibedakan. Berikut dibawah cara menggunakan rumus brocha untuk berat badan ideal anda.

Rumus Brocha Untuk Menghitung Berat Badan Ideal wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Rumus Brocha Untuk Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Jadi kedua rumus tersebut bisa anda gunakan untuk menentukan apakah anda sudah memiliki badan yang ideal atau belum. Sangat penting mengetahui berat badan ideal Apabila anda belum memiliki tubuh yang ideal anda dapat mengkoreksi gaya hidup anda apakah sudah sehat atau belum.

Tips mendapatkan berat ideal dan sehat

Menjaga berat yang ideal sesuai IMT tetap menjadi poin penting untuk kesehatan Anda. Sebab, berat badan yang kurang dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit infeksi, sementara berat badan berlebih akan meningkatkan risiko terhadap penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, diabetes, hingga stroke.

Yang terpenting adalah cara hitung berat badan ideal bukanlah satu-satunya alat untuk memonitor kesehatan Anda. Maka, bukan lagi saatnya untuk terfokus pada angka timbangan dan hubungannya dengan penampilan, tetapi lebih kepada usaha untuk memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, bukan berarti harus melakukan diet super ketat atau menghindari makanan tertentu. Kuncinya adalah menyeimbangkan antara energi yang masuk ke tubuh dengan energi yang keluar. Jika harus menurunkan berat badan untuk mendapat berat badan yang ideal, maka energi yang keluar dari tubuh harus lebih besar daripada energi yang masuk, dan sebaliknya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here