Menentukan masa subur wanita dengan tepat merupakan hal yang penting agar cepat hamil. pada masa subur ovulasi terjadi, apakah ovulasi itu? ovulasi adalah suatu proses dimana sel telur di lepaskan dari indung telur menuju ke saluran indung telur. pembuahan sendiri terjadi setelah ovulasi dengan itu betapa pentingnya mengetahui kan masa subur itu terjadi atau ovulasi terjadi.Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi.

sedangkan masa subur sendiri tergantung dengan siklus haid dengan itu masa subur setiap wanita berbeda-beda. seperti pada wanita yang haidnya teratur dan tidak teratur itu juga berbeda. beberapa wanita memiliki siklus haid yang teratur sedangakn sebagian lagi tidak teratur. hal tersebut dapat menentukan kapan masa subur terjadi.

Dengan mengetahui siklus haid yang tepat,anda juga dapat menentukan masa subur dengan tepat pula. Masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, rata-rata perempuan mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid yang Teratur

Cara menentukan dan menghitung masa subur wanita dengan siklus haid yang teratur atau siklus haid 28 hari sangat mudah yaitu cukup cukup kurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 dengan begitu masa subur dapat ditentukan.

Misalkan saja Anda mulai tanggal 1 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 29 Juli. Setelah itu kurangi 29 dengan 14, dan ketemulah masa subur Anda. 29 – 14 = 16, maka masa subur Anda tanggal 15 Juli.

Tanggal 15 juga bisa dsebut dengan puncak masa subur, pada hari inilah anda berada dalam keadaan paling subur. sedangkan 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur adalah masa subur biasa. sehingga masa subur pada bulan juli tersebut adalah tanggal: 12,13,14,15,16,17 dan 18 dan puncak masa suburnya adalah tangal 15.

BACA JUGA  Menghitung Berat Badan Ideal IMT/BMI

Dengan mengetahui masa subur, maka mempermudah untuk mengetahui kapan saat yang paling tepat untuk berhubungan seksual jika ingin cepat hamil. dilihat dari contoh diatas saat paling tepat untuk berhubungan seksual adalah pada tanggal 12,13,14,15,16,17 dan 18 bulan juli.

Siklus menstruasi pada perempuan dapat dibagi menjadi 3 fase :

  1. Masa menstruasi

Pada hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim) mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai menstruasi. MAsa menstruasi normal bisa berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat Anda merasakan atau mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan tanda rahim Anda berkontraksi, membantu endometrium meluruhkan darah.

  1. Fase Folikular

Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium siapa melepaskan telur. Biasanya, satu telur dilepaskan setiap siklusnya. Proses ini bisa memakan waktu yang sebentar atau lama dan memainkan peran penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat bersamaan, rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

  1. Fase luteal

Fase ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini bisa terjadi kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Jika sel telur dibuahi oleh sperma dan kemudian menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Jika sel telur tidak dibuahi, endometrium akan luruh.

Semakin Anda mengerti keadaan tubuh Anda sendiri, maka akan semakin mudah Anda mengetahui jika ada sesuatu yang berbeda atau salah. Tidak hanya itu saja, dengan berubahnya masa menstruasi Anda bisa jadi merupakan gejala dari beberapa penyakit yang biasa terjadi pada perempuan, beberapa tidak terkait dengan organ reproduksi.

Bila siklus menstruasi yang teratur menjadi tidak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, diabetes, atau penyakit kesehatan lainnya.

Saat perempuan sering melewatkan masa menstruasinya atau masa menstruasi berubah-ubah, bisa jadi dikarenakan kebiasaan hidup yang berubah atau karena berat badan bertambah atau berkurang, atau bisa saja karena mengalami tingkat stres yang tinggi.

BACA JUGA  Cara Menghitung Luas Tanah

Menghitung Masa Subur Wanita Yang Siklus Haidnya Tidak Teratur

Menentukan masa subur bagi wanita dengan siklus haid yang tidak teratur memang agak sedikit rumit. karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama Anda menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya atau kurangi saja siklus haid terpendek dengan 18 dan hasilnya adalah hari pertama masa subur sedangkan untuk menentukan hari terakhir masa subur yaitu dengan mengurangi siklus haid terpanjang dengan 11.

Berikut cotoh siklus haid selama 6 bulan terakhir berturut-turut:

27,31, 28,29,30 dan 26 siklus haid selama 6 bulan ini dapat menentukan kan perjadinya masa subur

hari pertama masa subur:

26 – 18 = 8 dan

hari terakhir masa subur :

31 – 11 = 20

Maka dapat disimpulkan masa subur anda adalah pada hari ke -8 dihitung dari hari pertama haid sampai hari ke 20 juga dihitung dari hari pertama anda haid. jika anda haid pada 4 maret maka hari pertama masa subur anda adalah tanggal 3 + 8 = 11 dan  hari terakhir masa subur anda adalah tanggal 3 + 20 = 23. jadi dapat disimpulkan anda dalam keadaan subur pada tanggal 11 s/d tanggal 23 dengan puncak masa subur adalah tanggal 11.

Begitulah cara bagaimana menentukan kapan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur dengan cara itu bisa dijadikan panduan dalam menentukan masa subur jika memang masa subur juga tidak teratur.

Menentukan Masa Subur Wanita Dengan Alat Test Kesuburan (Test Pack)

Selain cara diatas untuk menentukan masa subur dengan cepat dan akurat yaitu dengan alat test pack kesuburan. Alat ini sangat dianjurkan karena sangat tepat dan akurat , terutama bagi yang memiliki siklus haid yang tidak teratur dan tidak inggin repot dengan mengingat-ingat siklus haid selama 6 bulan terakhir. alat ini mempunyai tingkat  keakuratan hingga 95%, jadi bisa dikatakan sangat akurat.

BACA JUGA  Menghitung NPV Net Present Value

Test pack ini dijual bebas dan dapat dibeli apotik-apotik terdekat. cara mempergunakannya juga sangat mudah layaknya test pack kehamilan test pack ini tingggal dicelupkan pada air seni dan tunggu sekitar 5 menit. setelah itu lihat hasilnya apa bila positif berarti sedang dalam masa subur sebaliknya apa bila negatif artinya belum berada dalam masa subur.

Kapan Haid Terjadi?

Haid dimulai pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah, keluar dari vagina. Pada masa haid, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, peristiwa ini disebut ovulasi.

Kapan Ovulasi Terjadi?

Umumnya ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama haid. Sebenarnya, hari ketika terjadi ovulasi bergantung pada siklus haid Anda. Jika siklus Anda pendek, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah haid berakhir. Jadi, waktu ovulasi bisa berbeda pada tiap wanita. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui siklus haid Anda agar dapat memperkirakan waktu ovulasi.

Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

Pada umumnya, masa subur wanita adalah sekitar saat masa ovulasi (ketika ovarium melepaskan sel telur). Kapan ovulasi terjadi? Ovulasi terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Rata-rata masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi, jika siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Lima hari sebelum ovulasi dan satu hari di mana ovulasi terjadi, merupakan masa paling subur wanita. Ingat, sperma hanya bisa bertahan hidup selama 5 hari dan sel telur bisa bertahan hidup hanya satu hari. Kemungkinan untuk hamil pada wanita meningkat jika Anda berhubungan seksual 2 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan, dan kemudian 12 sampai 24 jam setelah itu. Berhubungan seksual pada saat ini merupakan peluang besar untuk cepat hamil.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here